Rabu, 07 Maret 2012

“Ngomongin Handphone Android ?”


Tugas pertama konsep teknologi, Tenteng teknologi yang kita gunakan sehari-hari n Monday, March 05, 2012

Handphone, dulunya itu cuma telepon biasa yang ada di rumah-rumah ( penemunya Alexander graham bells ) dan masih menggunakan kabel line telepon yang umum di gunakan hingga akhirnya muncul telepon genggam atau yang sering disebut handphone. Dan sampai saat ini lagi marak yang namanya smartphone dan tablet pc yang di sisipi sebuah system operasi. System operasi yang aku bahas adalah Android. Android adalah system operasi untuk telapon seluler yang berbasis linux.
Android juga memliki beberapa versi antaralain:
a)      Android versi 1.1
b)     Android Cupcake versi 1.5
c)      Android Doughnut versi 1.6
d)     Android Eclair versi 2.1
e)      Android Froyo versi 2.2
f)       Android Ginggerbread 2.3
g)      Android Honeycomb 3.x
h)     Android Ice Cream 4.x
Versi yang umum dipakai saat ini pada beberapa smartphone adalah Android versi Froyo 2.2 dan beberapa  mulai diupgrade ke Android versi Ginggerbread. Untuk tablet pc kebanyakan menggunakan Android versi Honeycomb 3.x. Tersiar kabar bahwa akan diadakan versi upgrade Android Ice Cream 4.x di beberapa smartphone dan tablet pc bersistem operasi berbasis Android.
Nek saiki aku lagi nganggo sing versi Android versi Ginggerbread 2.3 lah iki loh fotone hpku.

Pembahasan mengenai contoh pengaruh dari teknologi tinggi terhadap kultur kita :
1.      Film
a.      Transformers to Transformers The Movie
Film ini dulu masih berupa kartun perselisihan dua kubu robot baik dan jahat yakni Autobots ( Leader : Optimus Prime ) dan Decepticons ( Leader : Megatron ), yang kini  telah di buat versi movie. Bercerita tentang perselisihan dua kubu robot yakni ( Autobots dan Decepticons ) dari Dunia Cybertron yang terdampar di bumi. Autobots bertemu pemuda bernama Sam Wictwicky dengan misi penyelamatan bumi dari kekejaman decepticons yang ingin menguasai Dunia. Disini dimainkan efek tiga dimensi yang berupa break apart yang sedemikian canggih sehingga kita dapat menikmati perubahan kendaraan menjadi robot-robot yang pastinya super keren.

b.      Si Unyil to Laptop Si Unyil
“Hom-pim-pah alaiyum gambreng!…nek ijah pake baju rombeng!” itulah kata-kata yang terlintas saat mendengar kata “ Si Unyil ” dan kata-kata pak Ogah yang khas yakni, “ Cepek dulu dong… ”. Film serial ini bercerita tentang seorang anak sd yang akhirnya mencapai jenjang SMP. Yang sempat vakum karena kurang menarik, namun saat ini sudah di kemas dalam bentuk yang lebih menarik, inovatif, mendidik dan lebih canggih dalam penggabungan antara animasi dan dunia boneka SI Unyil yakni “Laptop Si Unyil”. Sehingga menjadi sebuah tontonan edukatif bagi anak-anak Indonesia. “Inyong juga esih sering nonton koh, hehehe… “ ( Tr : saya juga masih sering nonton,hehehe… ).
Ket : Tr = Translate / terjemahan


c.       Back to the Future
 Bercerita tentang seorang pemuda yang bernasib malang karena sering di bully oleh teman sekelasnya. dan sang professor yang menemukan sebuah mesin waktu berbentuk mobil yang dapat menjelajahi berbagai waktu di masa depan ataupun masa lalu. Mengetahui hal tersebut sang pemudapun memanfaatkan hal tersebut untuk mengubah nasibnya.

d.      Tron
B
ercerita tentang seorang pemuda ( Sam Flyn ) yang kehilangan ayahnya. Ayah pemuda tersebut ternyata terjebak di dalam program dunia game virtual yang ia rancang sendiri namun  Sam tak mengetahuinya. Berbekal petunjuk bahwa ayahnya telah masuk dunia virtual iapun mulai mencoba menjelajahinya dengan harapan dapat membebaskan ayahnya yang terjebak selama seperempat abad lamanya. Film ini menggunakan teknologi yang canggih dengan adanya light cycle, dunia digital, dan program tiruan yang di buat mirip dengan ayahnya. Di akhir cerita ayahnya memutuskan untuk membebaskan Sam serta menghancurkan dunia virtual yang ia buat karena sudah dikuasai oleh program yang di buat ayahnya sendiri.

3.      Lirik Lagu
Pada lirik lagu biasanya penggunaan kata-kata yang lagi ngetrend dan berhubungan dengan teknologi saat ini contohnya :
a.      Saykoji – ONLINE
Reff:
“ Siang  malam ku selalu menatap layar terpaku
 untuk online-online, online-online “.
Lagu ini menceritakan tenteng orang-orang yang eksis di jejaring sosial dan media internet lainnya.
 
b.      Saykoji – GAMERS
Reff:
“ keyboardku di tangan kiri mouse di tangan kanan berjam-jam ku tak berdiri mengatur serangan shortcut keys ku hapal mati teknik main aman tiap hari ku berlatih hadapi rintangan ”
Lagu ini mencerminkan para Gamers ( maniak game ) yang gak bosen-bosen didepan komputer.

c.       Saykoji – COPY MY STYLE AGAIN
Reff:
“you copy my style you copy again apa plagiat di Negara lo lagi ngetrend? Ku tetap sabar kau tetap ku anggap frind but sooner or later I gotta take my stand”
Menceritakan tentang plagiat gayan dan style si empunya lagu. Kata-katanya mengacu pada teknologi saat ini seperti kata “copy” yang bisasanya ngetren di ranah computer dan IT saat ini.

d.      Saykoji – KASKUS ANTHEM
Reff:
“setiap hari aku gatekl pengen ngaskus dari rumah kantor warnet atau dari kampus iseng baca =, atau posting asal ngaskus tiap online pasti buka kaskus ”
Lagu ini salah satu upaya promosi forum KASKUS yang sudah terkenal dan telah memiliki banyak pengguna.  KASKUS ( baca : Forum di dunia maya yang sudah terkenal di mana-mana)


4.      Elektronik Khususnya TV ( Televisi )
\
Siapa sih yang gak tau televisi? Kebanyakan pasti sudah tau,  berawal dari televisi analog yang mindah channelnya masih manual, dari tunning channel hingga ke remote control. Dari yang masih pakai tabung / tube dengan layar cembungnya hingga ke TV digital, LCD TV , Flat TV, bahkan Internet TV yang lagi booming saat ini. Dari hitam-putih, warna-warni sampai tayangan High Definition alias HD. Dulunya televisi belum menjadi kebutuhan pokok masyarakat dalam memperoleh informasi karena pada saat itu mereka masih mengandalkan media cetak dan radio. Sekarang hamper di beberapa daerah tiap keluarga pasti televisi sebagai sarana hiburan, sarana komunikasi dan sebagai sumber informasi terkini. Saat juga sedang merebak penawaran pemasangan pemancar tv berlanggananan untuk menerima siaran dari beberapa stasiun tv dari luar negeri. Dan juga kombinasi provider internet dengan Internet TV yang menawarkan sensasi baru dalam menikmati layanan internet yang di kombinasikan dengan televisi secara langsung sehingga mampu berbagi di beberapa jejaring social seperti Facebook, Twitter dll. Belum lagi para penikmat film juga dimanjakan oleh teknologi 3D yang membuat gambar semakin terlihat nyata!! Dengan maupun tanpa kacamata 3D beberapa merk di Indonesia sudah memasarkanya saat ini. “kapan yak ndue tv canggieh kayakue??”
 Tr : ( “kapan yah punya tv yang canggih kaya gitu??” )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar