Minggu, 08 April 2012

Tugas Konsep teknologi ketiga


1.    Invensi adalah temuan yang benar-benar baru, dari yang tidak ada menjadi ada.
 dari yang sebelumnya belum muncul kemudian muncul dan ditemukan oleh seseorang.
a.    Contoh Invensi
                                          i.    penemuan pesawat radio dapat menyebabkan perubahan2 bidang lain, seperti pendidikan, pemerintahan, pertanian, perekonomian, jasa dll.
                                        ii.    penemuan pesawat dapat membawa pengaruh pada sistem transportasi udara, yang kemudian dapat mempengaruhi alat tempur, selanjutnya mempengaruhi bagi perubahan organisasi militer dan seterusnya.
                                       iii.    Penemuan kapal laut, peta bumi, dan alat penentu arah (kompas) dapat menumbuhkan sikap kolonialisme.
                                       iv.    Teori Belajar, Penemuan di bidang Pendidikan, dan yang lainnya.

2.    Inovasi adalah suatu perubahan dari baik menjadi lebih baik lagi, dari jelek menjadi lebih baik dan yang lainnya, pendek kata inovasi merupakan temuan ide atau sesuatu yang baru berasal dari hal yang telah ada.
Secara luas Inovasi dapat diartikan sebagai pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya baik berupa gagasan, metode atau alat.
Inovasi merupakan perubahan tetapi perubahan belum tentu inovasi, sama dengan pepatah pengalaman adalah guru yang terbaik tetapi guru yang terbaik belum tentu berpengalaman, hehehe….
b.    Contoh Inovasi
                                          i.    penemuan pesawat terbang yang ditemukan oleh bangsa Eropa pada abad ke-19, hasil inovasi tersebut telah menyebar ke berbagai negara, bahkan ke Indonesia.
                                        ii.    berupa memperoleh berbagai peralatan yang serba modern secara lebih banyak dan lebih baik daripada yang sudah dipunyai, kondisi kehidupan yang lebih nyaman dan nikmat), dan memberikan jalan-jalan yang dapat memungkinkan dilaksanakannya usaha-usaha untuk memperbaiki kondisi- kondisi sosial dalam masyarakat.
                                       iii.    pemasukkan traktor di pulau Bali, jika sekiranya traktor tersebar di pedesaan dan mekanisasi atau mesinisasi pertanian berjalan sebagaimana yang direncanakan, maka harus disediakan sarana-sarana antara lain, bahan bakar untuk traktor, spare parts, bengkel-bengkel, montir-montir dll.
                                       iv.    Metode pembelajaran  melalui media virtual reality (berdasarkan Seminar Nasional HMTI yang diadakan oleh panitia HMTI UDINUS 7 april 2012) yang salah satu pematerinya yakni pak peter shearer dimana di tunjukan pada saat kita membaca sebuah buku ilmu pengetahuan alam kita dapat melihat tampilan 3d virtual dari sebuah lapisan tanah dan unsure-unsur di dalamnya. Wah,, keren pokoknya…

2 komentar:

  1. lengkap dengan contoh2 jg..
    Bgus2..
    Semoga bermanfaat..
    Media virtual reality spt ap ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. media virtual reality adalah sebuah media yg digunakan untuk menggantikan sebuah realita menjadi sebuah gambar atau replika digital untuk menggantikan realita yang ada.

      contoh, kita sedang belajar di perpus. di buku tsb sudah ada barcode yg bisa kita scan dgn software augmented reality dari buku tsb, sehingga kita dapat melihat informasi mendetail dalam barcode yg ada di buku.

      semisal menampilkan gambar 3d replika lapisan tanah pada buku ipa.
      gitu...

      Hapus